Hiduplah Dengan Tujuan



Hiduplah dengan tujuan.
Texs: I Korintus 9:26 Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul.

Pendahuluan !
Tidak ada yang berarti selain dari hidup karena mengetahui dan memahami tujuan yang di tetapkan Allah .dan tidak ada yang di ganti dengan apapun, baik oleh kekayaan,sukses,kesenangan,dan ketenangan. hidup tampa tujuan adalah gerakan tampa makna, aktifitas tampa arah, dan peristiwa tampa alasan yang jelas. Tampa tujuan hidup menjadi sepele, rendah dan tidak ada artinya seperti ungkapan Raasul Paulus. Kita akan melihat 4 hal keuntungan yang lebih hebat dari hidup dengan tujuan yang pertama ?

       I.            Hidup dengan tujuan,membuat hidup lebih bernilai!
Tampa Allah,tidak ada tujuan kehidupan dan tampa tujuan kehidupan,hidup menjadi kosong dan tak bermakna.(Mzmr 127:1-2)
Hidup dengan tujuan terasanya hidup ini, maksudnya ketika kita menetapkan langka atau prinsip sebagai dasar tujuan meraih hidup maka lambat atau cepat akan mencapai kepastian hidup yang penuh kepastian. Namun untuk melangka lebih dalam dan lebih santai iringilah setiap langka, prinsip, tindakan dengan Doa saya percaya keberhasilan yang besar yang akan mengiringi setiap langka kita.
Penghotba 1:22 kesia-siaan belaka, kata pengkhotbah, kesia-siaan belaka, segala sesuatu adalah sia-sia.

Salomo mengatakan bahwa kesia-siaan belaka segala sesuatu artinya bahwa harta, jabatan tidak menjadi ukuran kepastian manusia, tetapi yang menjadi terutama dan tujuan dari maksud Salomo adalah bagaiman hidup ini mengakhiri dengan bernilai dan berharga diman Tuhan.
Yermia 10:15 semuanya adalah kesia-siaan, pekerjaan yang menjadi buah ejekan, dan yang akan binasa pada waktu dihukum. 

Tujuan adalah sikap menunjukan prestasi yang kita akan ingin raih.sebab tampa tujuan kita akan berlari seperti kapal tampa kemudi kita tidak yakin kemana kita akan pergi atau apa yang hendak kita raih, tetapi tujuan akan lebih mengarahkan usaha kita dan memberitahu kita berapa jauh kita harus datang dan berapa jauh lagi kita harus pergi.

Kehidupan manusia yang berprinsip adalah kehidupan yang dijalani dengan evaluasi diri, selalu membuka diri, dan selalu mengandalakan Tuhan dan selalu melangka dengan doa.

    II.            hidup dengan tujuan membuat hidup lebih mudah dan ringan.
Tampa tujuan yang jelas, kita tidak memiliki dasar yang kuat, tempat dimana kita letakan keputusan,menghemat waktu dan memanfaatkan segala fasilitas yang ada (Luk 14:29)
orang yang tidak miliki tujuan hidup, berusaha bekerja dan berusaha sekuat-  kungkaratnya , namun hasilnya membawa stres, kelelahan, dan pertengkakaran (Yak 4:2)

hidup dengan tujuan membuat hidup lebih ringan dan perencanaanyang lebih bijaksana (Amsl 13:7)
Tujuan berbeda dengan lamunan artinya pikiran yang aneh-aneh atau harapan lamunan hanya fantasi saja gambar atau banyangan maka kita tidak akan berharap mengambil tindakan untuk itu, sebaliknya tujuan adalah mimpi yang kita pilih untuk bertindak atasnya dengan membuat rencana yang jelas dan mengambil langka harian yang mentranformasikan mimpi itu menjadi kenyataan.

 III.            Hidup dengan tujuan membuat hidup terpusat pada hal-hal yang penting  dan bermakna
Hidup dengan tujuan membuat kita mengkonsentrasikan usaha dan tenaga pada hal-hal yang paling penting(filipi 4:8)
Prinsip mengerjakan apa yang menjadi aktifitas atau tugas kita, prinsip fungsinya mengarahkan, mengfokuskan dan lebih serius dalam mengerjakan segala sesuatu yang menjadi terget manusia sehingga aktifitas tidak mudah menguras waktu tenaga dalam hal-hal yang bukan bagian kita.
Sibuk tampa tujuan tidak menghasilkan banyak hal tetapi merugikan banyak hal (Flp 3:15)
Prinsip membuat hidup lebih berpusat pada tujuan seperti Rasul Paulus mengatakan bahwa Ia tidak berlari dengan maunya sendiri, namun ia berlari dengan tujuan prinsip, integritas yang berpusat pada apa yang menjadi tergetnya, sehingga apa yang menjadi impian Rasul Paulus mencatat bahwa Ia telah mencapai garis akhir dengan penuh kemenangan.

 IV.            Hidup dengan tujuan membuat kita lebih bergairah
Tidak ada satupun yang begitu menggaraikan selain dari hidup dengan tujuan (Mzm 122:1)
Hidup dengan tujuan membuat seorang sabar dalam menanggung sensara (Rom 12:12)
Membuat individu lebih bergairah dan membuat kita tidak puas dengan prestasi sebelumnya . Tetapi tetap berusaha untuk mengembangkan dengan menetapkan tujuan yang lebih tinggi tetaplah berbuat tujuan yang lebih tinggi begiu kita merainya dengan cara ini akan membuat kita berkembang.
Dan tetapkan tujuan yang menguntungkan orang lain seperti diri kita tujuan merefleksikan perhatian pada orang lain akan melepaskan kekuatan dalam diri kita lebih besar  di bandingkan jika tujuan itu hanya untuk kepentingan diri sendiri keinginan menolong orang lain adalah sebuah kisa sukses.

Kesimpulan
Setiap manusia mempunyai banyak rencana, program dan impian. Namun banyak orang sudah mencobabeke rja keras tetapi yang di temukan adalah  kegagalan yang selalu kita temukan. Dengan demikian Paulus telah menasehatkan jemaat Tuhan yang ada di Korintus untuk melakukan segala sesuatu dengan logika dan kesabaran, artinya bahwa memiliki intelegtual dalam mengambil tindakan sehingga apapun yang dikerjakan oleh manusia dapat mencapai garis akhir dengan kemenangan.

Ingatlah bahwa perjuanagn sangat membutuhkan prinsip dan prinsip sangat membutuhkan kerja keras, namun untuk merai keberhasilan itu harus mengiringi dengan doa dan membacar Firman sebagai arahan komando dalam mengambil sikap dan tindakan. Ingatlah bahwa Firman Tuhan adalah perintis petunjuk jalan bagaimana kita dapat menemukan impian yang menjadi target.
Eduard Kause S.Th Jakarta  -12-04-2017

Hiduplah Dengan Tujuan Hiduplah Dengan Tujuan Reviewed by Eduard Kause on 10:22 PM Rating: 5
Powered by Blogger.